Saturday 22 January 2011

Cara Kerja Internet

Cara Kerja Internet

Ditulis oleh TRI JULIAN   
Monday, 12 April 2004

Teknologi internet yang ada sekarang, memungkinkan kita berkomunikasi melalui menu "Tips" di situs ini. Tetapi bagaimanakan cara kerja internet itu sebenarnya? Berikut sedikit gambaran cara kerja internet

Apa yang dimaksud dengan Server-Client?
Untuk terhubung dengan Internet website atau halaman web tertentu, terlebih dulu anda harus terhubung dengan “server�, yang bekerja sepanjang hari kecuali bila ada problem. Server adalah komputer yang mengirimkan data data dari dan ke dalam Internet. Pengguna Internet yang meminta informasi dari server disebut client. Komputer yang anda gunakan adalah client yang meminta informasi dari ISP Connection Server.
Komputer saling berkomunikasi dengan menggunakan Protokol.
Semua server dan client berkomunikasi dengan bahasa computer yang disebut protokol. Jika anda terhubung dengan internet, anda akan melihat setiap alamat situs web diawali dengan http:// yang merupakan kependekan dari “hypertext transfer protocol� yang merupakan cara kerja dari World Wide Web. Sebenarnya ada beberapa protokol lain untuk electronic mail, transfer data computer, dan masih banyak lagi lainnya.
Setiap Komputer Memiliki Alamat IP.
Paket informasi komputer dikirim dari komputer ke komputer menggunakan alamat numerik yang disebut IP address. IP address memberikan informasi dari mana paket berasal dan akan ditujukan ke mana. IP address adalah empat deret angka yang dipisahkan dengan titik. Misalnya "123.345.666.1"
Internet Browser memungkinkan anda untuk membaca artikel ini.
Agar client dapat melihat informasi yang dikirim server, dibutuhkan Internet Browser. Internet Browser seperti Internet Explorer, Firefox, Netscape, Opera menerjemahkan informasi yang dikirim server kepada client secara rapi dan mudah sehingga pengguna internet mendapat kepuasan melihat.
di kutip dari : www.telkomspeedy.com

No comments:

Post a Comment